mardiah toha

Lahir di Surabaya. Menyelesaikan sekolah dasar dan menengah di SD Muh XI, SMPN 2 dan SMAN 2. Melanjutkan S1 FMIPA jur. Fisika UNAIR dan S2 Univ. Gresik Ma...

Selengkapnya
Navigasi Web
Rujak Natsepa dan Bapeda ( 35 )

Rujak Natsepa dan Bapeda ( 35 )

Pada tantangan gurusiana hari ke-33, aku ceritakan kalau SK pertama pengangkatan ditempatkan di Negeri Lima kecamatan Leihitu kepulauan Ambon. Karena aku bersama teman-teman seangkatan yang waktu itu rata-rata masih berumur 21 tahun, maka kegiatan saat minggu dimana tidak ada kegiatan belajar mengajar digunakan untuk keliling ambon istilah sekarang adventure.

Kuliner yang paling aku suka dan masih melekat sekarang adalah rujak Natsepa. Dinamakan rujak Natsepa karena memang sang penjual hanya ada di sekitar pantai Natsepa dengan hambaran pasir putih dan udara pantai yang segar. Makan dibawah tedunya pohon Nyiur kelapa, apalagi ditambah dengan minuman air kelapa muda makin menambah kenikmatan kuliner di Natsepa pulau Ambon manise. Berbeda dengan rujak di Jawa di Natsepa rujak ada tambahan ketela ubi…dengan gilingan kacang tanah yang kasar, gula merah dan irisan buah segar plus buah pala. Rasanya pedas manis sangat nikmat disantap saat siang hari sambil memandang lautan yang luas membentang.

Bapeda, adakah yang kenal dengan jenis makanan ini ? makana pokok masyarakat Maluku yang berasal sari sagu dan diolah seperti bubur, teksturnya kenyal pertama mengenal rasanya aneh seperti lem tapi setelah berkolaborasi dengan ikan kuah kuning biasanya ikan tongkol atau mubara…hemmm…mantap rasanya tak tertandingi. Bapeda selalu disajikan saat makan Patita atau makan bersama saat ada acara hajatan.

Inilah kenikmatan yang aku dapatkan dan harus disyukuri karena dibanding dengan guru sekarang yang penempatan hanya sekitar daerah tempat tinggal saja.

Kalau mengenang masa-masa itu, sungguh manis sekali sayang jika dilupakan. Andai ada kesempatan tentu akan aku telusuri lagi dimana tempat yang dulu sering dikunjungi untuk melupakan rindu pada sanak saudara yang jauh.

Cerme, 10 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Apa lagi rujaknya.. mmmm seger.. mau bu. Kenangan dengan makan rujak ya bu.Senangnya bisa follow ibu.

10 Jul
Balas

Alhamdulillah, terimakasih bu, pengalaman mengajar di Indonesia Timur

11 Jul

salam kenal kembali...monggo ke Gresik tapi rujak manis yang ada...

11 Jul
Balas

Hmmmm...rujaknya menggiurkan. Salam kenal bu

10 Jul
Balas

salam literasi bu Fitria

12 Jul



search

New Post